BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 01 Mei 2010

MEDIA/ ALAT PEMBELAJARAN KARYA SENI RUPA DENGAN TEKNIK CETAK DATAR LITHOGRAFI

Alumunium lithografi adalah suatu teknik cetak dari proses cetak datar, yang bekerja tolak-menolak antara lemak dan air.
Urutan karya cetak alumunium lithografi:
1. Mempersiapkan 1 lembar alumunium sebagai acuan cetak yang sudah dikasekan. Lalu diguyur air biarkan mengering tapi tetap lembab lalu larutkan counter atch diratakan ke seluruh permukaan alumunium dengan spons kalau sudah kering cuci kembali keringkan lalu rancang/ membuat gambar pada permukaan plat memakai krayon. Kalau sudah mengering taburi talek ( alat dibersihkan dengan kain halus, terus kuaskan larutan etsa secara merata terus dicuci dengan guyuran air, lapiskan cairan gum grafi murni pada plat lalu gosokkan spirtus putih pada kain gosokan tinta hapus kembali dengan spirtus kemudian disapu oleh spons basah hingga gambar hilang lalu rolkan tinta diatas plat berkali-kali, letakkan kertas diatas plat cetakkan dan lalukan percetakan melalui mesin proses.

0 komentar:

penelitian

PENELITIAN KUANTITATIF

Oleh : afif rifai

A. Pendahuluan

Penelitian kuantitatif merupakan suatu penelitian yang analisisnya secara umum memakai analisis statistik. Penelitian kuantitatif dikembangkan oleh penganut positivisme yang dipelopori oleh Auguste Conte. Aliran ini berpendapat bahwa untuk memacu perkembangan ilmu-ilmu sosial, maka metode-metode IPA harus diadopsi ke dalam riset-riset ilmu sosial (Harahap, 1992).

Karenanya dalam penelitian kuantitatif pengukuran terhadap gejala yang diamati menjadi penting, sehingga pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan berstruktur (angket) yang disusun berdasarkan pengukuran terhadap variabel yang diteliti yang kemudian menghasilkan data kuantitatif.

Berbeda dengan penelitian kualitatif yang menekankan pada studi kasus, penelitian kuantitatif bermuara pada survey.

Richard dan Cook (dalam Abdullah Fajar, 1992) mengemukakan perbedaan paradigma penelitian kualitatif dan kuantitatif sebagai berikut :